Pembahasan Tukar Fikiran Antara semua Guru di SDN 3 Semiring Dalam Persiapan Observasi Setiap Kelas

pembahasan dalam tukar fikiran antara semua guru di SDN 3 Semiring mengenai persiapan observasi setiap kelas:

1. Tujuan Observasi

  • Menetapkan tujuan: Apa yang ingin dicapai dari observasi ini? Apakah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, mengidentifikasi kebutuhan siswa, atau evaluasi metode pengajaran?

2. Kriteria Observasi

  • Aspek yang diamati: Diskusikan aspek-aspek penting yang akan diamati, seperti interaksi guru-siswa, penggunaan metode pembelajaran, keterlibatan siswa, dan manajemen kelas.

3. Teknik Observasi

  • Metode yang digunakan: Apakah akan menggunakan observasi langsung, video, atau catatan harian? Pilih teknik yang sesuai untuk mendukung tujuan observasi.

4. Peran Guru

  • Peran masing-masing guru: Tentukan siapa yang akan mengamati siapa, dan bagaimana guru dapat memberikan umpan balik konstruktif.

5. Waktu dan Jadwal

  • Penjadwalan: Tentukan kapan observasi akan dilakukan agar tidak mengganggu proses pembelajaran dan memberikan cukup waktu untuk persiapan.

6. Refleksi Pasca-Observasi

  • Diskusi setelah observasi: Jadwalkan waktu untuk berdiskusi setelah observasi untuk berbagi pengalaman dan umpan balik.

7. Pengembangan Profesional

  • Pelatihan tambahan: Pertimbangkan apakah ada pelatihan atau workshop yang dibutuhkan sebelum observasi untuk meningkatkan keterampilan pengajaran.

8. Dukungan dan Sumber Daya

  • Sumber daya yang tersedia: Diskusikan alat atau materi apa yang bisa membantu dalam persiapan dan pelaksanaan observasi.

9. Lingkungan Kelas

  • Kondisi kelas: Pastikan bahwa lingkungan belajar kondusif untuk pengamatan yang efektif, termasuk pengaturan tempat duduk dan suasana kelas.

10. Keterlibatan Siswa

  • Persiapan siswa: Bagaimana cara memberi tahu siswa tentang observasi agar mereka merasa nyaman dan berpartisipasi aktif?