Pembahasan Tukar Fikiran Antara semua Guru di SDN 3 Semiring Dalam Persiapan Observasi Setiap Kelas
pembahasan dalam tukar fikiran antara semua guru di SDN 3 Semiring mengenai persiapan observasi setiap kelas:
1. Tujuan Observasi
- Menetapkan tujuan: Apa yang ingin dicapai dari observasi ini? Apakah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, mengidentifikasi kebutuhan siswa, atau evaluasi metode pengajaran?
2. Kriteria Observasi
- Aspek yang diamati: Diskusikan aspek-aspek penting yang akan diamati, seperti interaksi guru-siswa, penggunaan metode pembelajaran, keterlibatan siswa, dan manajemen kelas.
3. Teknik Observasi
- Metode yang digunakan: Apakah akan menggunakan observasi langsung, video, atau catatan harian? Pilih teknik yang sesuai untuk mendukung tujuan observasi.
4. Peran Guru
- Peran masing-masing guru: Tentukan siapa yang akan mengamati siapa, dan bagaimana guru dapat memberikan umpan balik konstruktif.
5. Waktu dan Jadwal
- Penjadwalan: Tentukan kapan observasi akan dilakukan agar tidak mengganggu proses pembelajaran dan memberikan cukup waktu untuk persiapan.
6. Refleksi Pasca-Observasi
- Diskusi setelah observasi: Jadwalkan waktu untuk berdiskusi setelah observasi untuk berbagi pengalaman dan umpan balik.
7. Pengembangan Profesional
- Pelatihan tambahan: Pertimbangkan apakah ada pelatihan atau workshop yang dibutuhkan sebelum observasi untuk meningkatkan keterampilan pengajaran.
8. Dukungan dan Sumber Daya
- Sumber daya yang tersedia: Diskusikan alat atau materi apa yang bisa membantu dalam persiapan dan pelaksanaan observasi.
9. Lingkungan Kelas
- Kondisi kelas: Pastikan bahwa lingkungan belajar kondusif untuk pengamatan yang efektif, termasuk pengaturan tempat duduk dan suasana kelas.
10. Keterlibatan Siswa
- Persiapan siswa: Bagaimana cara memberi tahu siswa tentang observasi agar mereka merasa nyaman dan berpartisipasi aktif?